Kamis, 27 Mei 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012 (Bgn 12)

 

  

Dalam hal memberi manfaat, bukan hanya memberikan manfaat saja, namun hendaknya mempersembahkan manfaat terunggul kepada semua makhluk, manfaat tertinggi tiada bandingnya, tiada yang lebih unggul lagi daripada manfaat yang satu ini.

 

Manfaat apakah itu? Yakni membantunya terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan. Adakah manfaat yang lebih tinggi lagi daripada yang satu ini? Tidak ada lagi.

 

Kita memberinya bantuan yakni dengan memperagakan teladan yang baik untuk diperlihatkan padanya, membantunya membangkitkan keyakinan hati, membulatkan tekad hati.

 

Setelah terlahir ke Alam Sukhavati dan mencapai KeBuddhaan, di manapun ada makhluk yang memohon pembabaran Dharma, Anda segera merespon-nya (menjelma) di sana. Mengapa anda dapat langsung meresponnya? Oleh karena anda bertekad menyelamatkan para makhluk yang tanpa batas, anda memiliki sebutir tekad agung ini.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

這一願「是饒益有情戒,亦是恩德之心,亦是緣因佛性,亦應身菩提之因」。你看這一願要是真發,真相應了,有這麼多的功德。饒益有情,益是利益,利益一切有情眾生,不但利益,是饒益,饒是最豐饒的,我們講最高的利益,沒有比這個更高,沒有比這個更殊勝。為什麼?是幫助他到極樂世界成佛。還有比這個更高的?沒有了。三因佛性,這是緣因,我們給他做增上緣,我們做好榜樣給他看,幫助他生起信心、生起願心。在佛的三身,這是應身菩提之因,將來成佛了,眾生有感你就能應。你為什麼能應?那個應的因就是你有眾生無邊誓願度,有這一大願。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十九集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0019

 

 

 

 

Butir kedua dari “Empat Tekad Agung” adalah bertekad melenyapkan kekotoran batin yang tiada habis-habisnya. Sila dalam Ajaran Buddha ditetapkan oleh Buddha Sakyamuni. Dari mana kita memulai melaksanakannya? Tiga Berkah Karma Suci, merupakan prinsip penuntun tertinggi.

 

Tidak boleh tidak berbakti pada Ayahbunda, Sang Buddha adalah putra berbakti, melawan Ayahbunda adalah perbuatan durhaka. Setelah menjadi anggota Sangha, apa harapan Ayahbunda kepada diri kita? Ayahbunda berharap kita dapat mencapai KeBuddhaan, jika saya tidak mencapai KeBuddhaan, ini adalah tidak berbakti; setelah meninggalkan keduniawian, saya melafal Amituofo dan terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, ini adalah bakti besar pada Ayahbunda.

 

Pepatah berkata, “Seorang anak mencapai KeBuddhaan, sembilan generasi leluhurnya lahir ke Surga”, sembilan generasi di atas dirimu, Ayahbunda, Kakek Nenek, Kakek Buyut Nenek Buyut, hingga sembilan generasi di atas dirimu, lahir ke Surga, ini adalah bakti besar dari seorang anak.

 

Sebaliknya, apabila setelah meninggalkan keduniawian dan belajar Ajaran Buddha, tetapi tidak mengamalkan sila dan ajaran sesuai dengan yang disampaikan oleh Buddha, bahkan mengejar ketenaran dan keuntungan, masih juga serupa dengan dulu, tidak menyingkirkan keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, maka kelak jatuh ke tiga alam rendah.

 

Jika kita jatuh ke tiga alam rendah, Ayahbunda jadi malu, lantas apa yang harus kita perbuat untuk memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat? Perumpamaan begini sejak dulu hingga sekarang juga ada, sekarang lebih banyak lagi dibandingkan dengan zaman dulu.

 

Tidak ada orang yang membahasnya juga tidak ada orang yang menyampaikannya, ketika diri sendiri melanggarnya tidak mengetahuinya, bagaimana jika tidak mendalami ajaran Sutra? Hanya ajaran Sutra yang setiap saat dapat mengingatkan diri kita.

 

Kekotoran batin yang tak terhingga, diri sendiri mesti memiliki keteguhan hati untuk menjauhinya, jangan sampai tercemari. Andaikata orang-orang dan lingkungan di sekitar kita, dapat membantu menambah keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, maka kita harus meningkatkan mawas diri.

 

Apa yang akan dilakukan oleh insan yang tahu bermawas diri? Cepat-cepat menjauhi lingkungan seperti ini. Kalau tidak cepat-cepat menarik diri keluar, makin terpuruk makin mendalam, hingga akhirnya diri sendiri tidak mampu lagi memisahkan diri dari lingkungan tersebut, mencelakai diri sendiri.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

第二「煩惱無邊誓願斷」,這是「願求自斷無邊之煩惱,是攝律儀戒」。攝律儀戒,律儀是釋迦牟尼佛制定的,這是佛教導我們的戒律。從哪裡做起?淨業三福,最高指導原則。不能不孝養父母,佛是大孝子,違背父母叫大不孝。父母希望我們幹什麼?出家了,出家了父母希望我成佛,我要不成佛這大不孝;我出家了,我念佛往生淨土這大孝。諺語有所謂,「一子成佛,九祖生天」,你往上去九代,父母、祖父母、曾祖父母、高祖父母,一直往上去九代生天,這是能講得通的,這大孝子。如果我們出家學了佛,沒有依照佛陀教誡去修,而在佛門去搞名聞利養,還依舊不斷貪瞋痴慢,我們到三途去了。我們墮三途,父母臉上無光,父母帶著羞辱,用什麼方法能彌補這個過失?這樣的人自古以來都有,現在比古時候更多。沒有人提,也沒有人講,自己做了不知道,不深入經藏怎麼辦?只有經典時時刻刻提醒我們。無邊的煩惱自己要下決心遠離它,不能沾染。如果這個境界,人事的境界、物質的境界,會幫助我們增長貪瞋痴慢的,我們就要提高警覺心,有警覺心以後怎麼辦?趕快遠離。如果不趕快就愈陷愈深,深到那個程度自己想離都離不開,那就完了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十九集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0019

 

 

 

Kekotoran batin yang tak terhingga, diri sendiri mesti memiliki keteguhan hati untuk menjauhinya, jangan sampai tercemari. Andaikata orang-orang dan lingkungan di sekitar kita, dapat membantu menambah keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, maka kita harus meningkatkan mawas diri.

 

Apa yang akan dilakukan oleh insan yang tahu bermawas diri? Cepat-cepat menjauhi lingkungan seperti ini. Kalau tidak cepat-cepat menarik diri keluar, makin terpuruk makin mendalam, hingga akhirnya diri sendiri tidak mampu lagi memisahkan diri dari lingkungan tersebut, mencelakai diri sendiri.

 

Kejadian begini telah kami saksikan dengan mata kepala sendiri, apakah boleh dikatakan keluar? Tidak boleh, kalau dikatakan keluar bisa mengikat permusuhan, hal ini diajarkan oleh Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) kepada diriku.

 

Saya juga menyaksikan secara langsung bagaimana sikap beliau dalam mendidik murid-muridnya di Asosiasi Lotus di Taichung, yakni Vihara yang didirikan oleh Guru Li, satu ruangan kelas luasnya hampir serupa dengan studio mini kita ini.

 

Satu kelas memuat lebih dari 20 orang siswa, sepertinya 22 orang. Seminggu cuma diselenggarakan satu kali perjumpaan saja, sekitar 3 jam saja lamanya.

 

Di dalam kelas kami yang berjumlah 22 orang siswa, ada 3 orang siswa yang diperlakukan dengan sangat baik oleh Guru Li, Guru Li amat ramah pada mereka, tidak pernah menegur mereka sama sekali.

 

Sebaliknya yang duduk di barisan paling depan, ada sekitar 5-6 siswa sering dimarahi bahkan dipukuli sama Guru Li. Menyaksikan hal ini, hatiku jadi timbul tanda tanya, mengapa sikap Guru Li begitu tidak adil.

 

Lebih dari sebulan kemudian, Guru Li mencari diriku lalu bertanya apakah saya merasa ragu pada dirinya? Saya mengutarakan keraguanku pada beliau, beliau lalu menjelaskan, murid yang dimarahi dan dipukuli merupakan murid-murid yang serius belajarnya, meskipun dipukuli dan dimarahi, mereka juga takkan beranjak pergi, memiliki ketetapan hati untuk melanjutkan belajar di sana.

 

Sebaliknya terhadap murid yang tidak boleh ditegur, ketika dibilang sedikit saja, wajah mereka sudah merah padam, maka anda tidak boleh melanjutkannya lagi, mengetahui bahwa tipe orang begini gengsinya tinggi, jadi anggap saja mereka sebagai hadirin dan bukan sebagai murid.

 

Akhirnya saya jadi mengerti dan berhasil mempelajari satu jurus ini, pastinya tidak sudi mengikat tali permusuhan dengan orang lain. Anda ungkapkan keluar kesalahannya, dia simpan di hati lho, dengan perkataan lain, dia mendendam padamu, jadi buat apa?

 

“Di manapun Bodhisattva berada, membuat semua makhluk membangkitkan hati sukacita”, jangan sampai mengikat tali permusuhan dengan orang lain.

 

Terlampau banyak bicara bukanlah hal yang bagus, maka itu berpikir dulu sebelum melontarkan kata-kata keluar. Hendaknya tahu mengamati air muka orang lain, saat menegur orang kalau melihat mimik wajahnya sudah berubah, jangan lanjutkan lagi.

 

Orang lain memiliki kelebihan patutlah dipuji, sebaliknya orang lain memiliki kelemahan janganlah dicela.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

無邊的煩惱自己要下決心遠離它,不能沾染。如果這個境界,人事的境界、物質的境界,會幫助我們增長貪瞋痴慢的,我們就要提高警覺心,有警覺心以後怎麼辦?趕快遠離。如果不趕快就愈陷愈深,深到那個程度自己想離都離不開,那就完了。

 

  這些事情,我們都親眼看在眼裡,能不能說?不能說,說了要結冤仇,這李老師教給我的。我也親眼看到他教學,台中蓮社,這是老師建的道場,經學班的教室大概就我們攝影棚這麼大,二十多個學生,好像是二十二個學生。一個星期上一堂課,一堂課是三個小時。我們同學當中這二十幾個人,就有三位同學,老師對他很客氣,從來不說他們的;坐在前面的有些同學,也有五、六個,老師常常打他們、罵他們。我們都見到過,所以我有懷疑,老師對人心不平。一個多月,老師找我談話,問我是不是有這個疑心?我說有,是有。老師看出來了,跟我解釋,我打他、罵他的那是肯學的,打不走的,他死心塌地在那裡學習。那個不能講的,你稍微說重一點他臉就紅了,就不能說,知道那是很愛面子的人,把他當作旁聽生。我才明白了,就學到這一招,決定不要跟人結冤仇。你說他的過失,他記恨在心,換句話說,招得來生的報應,他要報復你,那又何必?「菩薩所在之處,令一切眾生生歡喜心」,不能跟人結冤仇。話多了不是好事情,所以心直口快容易跟人結怨,這是缺點,這個要改。說一定察言觀色,看到人家的表情不對,趕緊就別說了。他人家有好處讚歎,人家有缺點別說。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十九集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0019